Friday, June 3, 2016

Installation to Nand Storage Ibox Itead Core A20 using Lubuntu Update 2016

Posted by Unknown

ITEAD CORE A20 from ITEAD STUDIO


               Hai semuanya sedikit lagi mau berbagi sebagai bahan dokumentasi pribadi walau isinya bisa dibilang sampah #ups.  kenapa sampah ? ya karena ane kesal sih 2 hari ngoprek nih mini pc dari itead yang minim resources nya bikin pusing kepala muter muter terusss  HAHAHAHA,  at least semuanya baik baik saja. Bagi teman - teman yang belum tau itead core A20 merupakan mini pc jebolan dari itead dengan menggunakan chipset allwinner A20 dengan port ethernet GIGABIT coyy. Tapi yang jadi pertanyaan kenapa gua beli ? anda salah!  gua ga beli tapi diberi boss disuruh installin dan yang paling menjengkelkan adalah harus install ke NAND storage yang merupakan bawaan dari itead core A20 ini. basicly kalau mau install mini pc biasanya kita menggunakan micro sd ? betul ? tetapi ada cara yang lebih advance lagi yaitu memanfaatkan nand storage internal dari mini pc untuk diinstall. kalau boardnya cubieboard sih banyak bertebaran resourcenya tapi ini secara itead gitu lohhh yang ane jarang beli produk dari mereka. ups tidak bermaksud merendahkan sebuah produk cuman ya realistis aja, klo ane ngoprek sesuatu belilah yang bnyk resource supaya memudahkan kita juga. 
               Hal yang perlu diinget ketika menginstal ini mini pc melalui NAND mau jenis apapun jenis mini pc nya itu BISA!!!. Kenapa saya katakan bisa ? karena asal teman - teman tahu semua saya berhasil menginstall ini dengan tutorial flashing dari android yang menggunakan chipset A20. beranjak dari informasi itulah ane putuskan untuk mencoba dan ternyata WORKS!. Dari semua image yang tersedia dan yg sudah di download cuman beberapa yang support NAND. berhati - hati ketika memilih image untuk os yang akan diinstal. langkah untuk melakukan instalasi ke nand storage ialah persiapkan bahan - bahannya

- PhoenixSuit (WINDOWS only DOWNLOAD!! , ane sudah coba untuk versi linux seperti livesuit itu ada error mungkin karena pake debian ane males fixingnya ahahah. tapi teman2 bisa coba bila menggunakan ubuntu sepertinya lancar jaya berikut linknya http://linux-sunxi.org/LiveSuit
- IMG dengan support nand.. ditutorial ini ane pake img dari cubietruck dengan distro lubuntu bisa download disini http://dl.cubieboard.org/software/a20-cubietruck/lubuntu/ ) gunakan yang NAND version. bisa juga menggunakan IMG dari distro yang lain. INGAT setau ane yang bisa dipasang adalah mini pc yang menggunakan CHIPSET A20. 
- kabel USB male to male (seperti ini gambar dibawah, murah cuman 25rb an) 


pertama extract phoenixsuitnya lalu jalankan sehingga muncul tampilan seperti ini ya teman2. 



 apabila sudah sesuai dengan gambar diatas plug ITEAD CORE A20 dengan power sehingga menyala dengan LED warna merah. pada saat akan mencolokkan dengan usb ke komputer. yang harus diperhatikan ialah tekan tombol UBOOT pada itead lalu masukkan kabel usb ke komputer sehingga muncul validasi seperti gambar dibawah . 



TEKAN YES dengan keadaan tombot UBOOT ditekan. apabila progess sudah berjalan seperti gambar dibawah tombol UBOOT bisa dilepas dan tunggu beberapa saat 



apabila sudah selesai dan muncul tampilan seperti gambar dibawah berarti install to nand itead core A20 berhasil 




username dan password : linaro
*perlu diinget ketika sedang proses instalasi harap menyolokkan kabel hdmi ke monitor. kenapa? pada saat flashing berhasil itead core A20 akan otomatis reboot. 
*ketika login dan mengalami hal blank screen gunakan terminal dengan menekan ctrl + alt + f2 






source : 
https://www.itead.cc/blog/ibox-upgrade-guide-phoenixsuit-tool-2
http://linux-sunxi.org/LiveSuit



0 comments:

Post a Comment